Oct 28, 2018

Istri harus izin terlebih dahulu pada suami ketika hendak keluar rumah

Question Answer 📌

الوسطية والاعتدال


WAJIBKAH SEORANG ISTRI IJIN SUAMI BILA HENDAK KELUAR ❓💞


🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿

PERTANYAAN :

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillah...
Ustadz apakah seorang istri keluar rumah dalam keadaan apapun wajib minta ijin kepada suaminya? contohnya takziah tetangga atau menengok tetangga yang sedang sakit. Bagaimana hukumnya Ustad?

Jazaakallahu khayran

➖➖➖➖➖➖➖
JAWABAN :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Secara asal seorang isteri wajib meminta izin kepada suaminya apabila ia hendak keluar. Ibunda Aisyah saat ayahanda beliau sakit, beliau tetap meminta izin kepada Rasulullah :
أَتَأْذَنُ لِى أَنْ آتِىَ أَبَوَىَّ
"Apakah anda mengizikanku untuk mengunjungi ayahku?"

🌼 Karena itu para ulama menjelaskan bahwa haram hukumnya wanita  keluar rumah tanpa izin suaminya apabila tidak ada hajat atau tidak dalam kondisi mendesak.

🌼 Selain itu, meminta izin itu tidak harus setiap kali, misal isteri mau belanja ke pasar atau mengantar anak sekolah, maka selalu izin... tidak demikian, Jika itu aktivitas yang sudah dimaklumi dan berulang, maka izin cukup sekali saja.
Demikian pula jika itu berkunjung ke rumah tetangga yang dekat, dan diduga kuat suami mengizinkan, maka tidak mengapa. Termasuk juga mengikuti kajian muslimah di masjid dekat rumah, maka cukup sekali saja meminta izin. Tapi jika masjidnya jauh atau berpindah-pindah, maka hendaknya ia izin kepada suaminya.

Wallahu a'lam

✍@abinyasalma

•═════◎◎۩❁۩◎◎═════•
*Broadcasted* by Islam itu Indah
- web : http://islamituindah.id
- Instagram: @islamituindah.id
- Line: https://line.me/R/ti/p/%40zqi4170x
- Telegram channel: @islamindah.

No comments:

Post a Comment